SELAMAT DATANG

"Aku hanya manusia yang ingin berbagi dengan sesama dan aku hanya manusia yang ingin memetik hikmah dari belantara dan gurun kebijaksanaan"

Petunjuk Teknis PERKANDANGAN SAPI POTONG







Kebutuhan daging sapi potong secara nasional setiap tahunterjadi peningkatan, akan membawa dampak negatif terhadapkemampuan produksi dan perkembangan populasinya. Kemampuan produksi daging sapi potong tahun 2006 mencapai 290,56 ribu ton, sementara kebutuhan daging sapi mencapai 410,9 ribu to dengan tingkat konsumsi sebesar 1,84 kg/kapita/tahun atau mengalami defisitsebesar 29,3 %. Sedangkan pertumbuhan sapi potong pa tahun yang sama mencapai sebesar 1,22 % dari populasi yang diprediksikan sebesar 10,8 juta, belum mencukupi kebutuhan daging dengan tingkat defisit sebesar 1,6 juta ekor (14,5 %) dari populasi i 12,4 juta ekor. Upaya pemerintah Cq. Dirjen Peternakan telah mencanangkan swasembada daging sapi tahun 2014, dengan predeksi sebesar 90 – 95 % kebutuhan dipasok dari dalam negeri dan 5 – 10 % diimpor dari luar negeri. Untuk mendukung program tersebut diperlukan talaksana pemeliharaan sapi potong melalui inovasi teknologi perkandangan.
Tata laksana perkandangan merupakan salah satu faktor produksi yang belum mendapat perhatian dalam usaha peternakan sapi potong khususnya peternakan rakyat. Kontruksi kandang belum sesuai dengan persyaratan teknis akan mengganggu produktivitas ternak, kurang efisien dalam penggunaan tenaga kerja dan berdampak terhadap lingkungan sekitarnya. Kondisi kandang belum mberikan keleluasaan, kenyamanan dan kesehatan bagi ternak.  Petunjuk Teknis selengkapnya download E-booknya di sini. 






0 komentar:

Hot Info

Best Link

Number One In Google

'WahiD' WeB

 

'WahiD' WeB ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)