SELAMAT DATANG

"Aku hanya manusia yang ingin berbagi dengan sesama dan aku hanya manusia yang ingin memetik hikmah dari belantara dan gurun kebijaksanaan"

Ovariohisterektomi






Definisi



Ovariohistrektomi (OH) adalah tindakan pembedahan untuk melakukan pembuangan/ pengangkatan sel telur (ovarium), tuba falopii dan uterus pada hewan betina agar hewan tersebut menjadi mandul, umum dilakukan pada kasus-kasus penyakit yang menyerang ovarium dan uterus seperti: kista ovarium, pyometra, torsio uterus, prolaps uterus dan ruptura uterus (pencegahan agar tidak terjadi hiperplasia vagina).

OH dapat dilakukan pada anjing dan kucing yang berumur kurang lebih 6 bulan, sebelum atau sesudah siklus esterus yang pertama.



Manfaat OH


  1. Anjing tidak akan mengalami esterus dan tidak mengalami menstruasi





  2. Pada kucing selain tidak mengalami esterus juga akan menghilangkan sifat berisik dan kebiasaan mengangkat ekor sebagai petanda ingin kawin.




  3. Menurunkan resiko kemungkinan terjadinya/timbulnya tumor payudara (Mammary adenocarcinoma).






Prosedur Pembedahan



  1. Hewan dicukur di daerah ventral abdomen dan dibius, setelah hewan diletakkan pada posisi dorsoventral (terlentang) kemudian daerah sayatan dibersihkan dan didesinfeksi;




  2. Sayatan dilakukan pada garis median abdomen (linea alba) berdasarkan pada ukuran dan besar hewan, jarak antara umbilikal dan pubis dibagi 3 bagian.Pada anjing sayatan sebaiknya dibuat di 1/3 bagian cranial abdomen karena ovarium anjing agak sulit dikeluarkan dibandingkan dengan uterusnya. Jika uterus membesar atau memanjang maka sayatan lebih diperpanjang. Pada kucing sayatan sebaiknya dilakukan pada 1/3 bagian medial abdomen karena lebih mudah mengeluarkan ovarium dibandingkan corpus uterus.




  3. Cornua uterus dikeluarkan (menggunakan spay hook atau jari tangan), kemudian setelah diangkat akan ditemukan ovarium yang tertahan oleh ligamentum dan selaput penggantungnya (mesovarium). Kumpulan ligamentum, pembuluh darah dan mesovarium dan lemak dijepit.




  4. Penjepitan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan 3 buah klem terhadap secara berurutan. Benang nonabsorble (Vicryl® 2.0) digunakan sebagai pengikat kumpulan ligamentum,mesovarium dan pembuluh darah di bawah jepitan klem pertama selanjutnya pengikatan kedua dan ketiga dilakukan sebelum dilakukan pemotongan pada kumpulan tersebut.




  5. Setelah pemotongan sebaiknya satu klem jangan dilepas sebagai orientasi pengontrolan terjadinya perdarahan atau tidak.




  6. Hal yang sama dilakukan pada ovarium berikutnya.




  7. Pada corpus uterus penjepitan dilakukan di daerah dorsal serviks, kemudian pembuluh darah (a.v uterina dextra et sinistra) sebaiknya diikat terlebih dahulu sebelum melakukan pengikatan pada corpus uterus, setelah 2-3 kali pengikatan maka corpus uterus dipotong, permukaan bekas sayatan pada corpus uterus bila perlu dapat dijahit.




  8. Setelah itu dilakukan penutupan rongga abdomen dan lapisan subkutan serta penutupan kulit.

Komplikasi
Seperti halnya tindakan operasi-operasi lainnya maka perlakuan aseptis pada proses pembedahan secara prosedur seharusnya dilakukan oleh para operator (dokter hewan). Biasanya komplikasi pasca OH diantaranya lamanya proses persembuhan luka sayatan, terjadi abses dan infeksi atau trauma pada jaringan abdomen.



Perdarahan.

Banyak kasus umum penyebab kematian setelah OH dikarenakan adanya perdarahan. Perdarahan terjadi karena adanya ruptura (kerusakan) pembuluh darah (a.v. ovarica), biasanya hal ini terjadi pada saat proses pengikatan, operator tidak mengevaluasi apakah pembuluh darah sudah terikat sempurna atau belum.



Esterus berulang.

Terjadi karena sel telur tidak terangkat dengan sempurna atau ada sebagian sel telur yang tertinggal. Biasanya kasus ini terjadi apabila OH dilakukan melalui flank (lateral abdomen). Gejalanya antara lain : Vulva membengkak, Perdarahan proesterus, Perubahan tingkah laku hingga terjadi pyometra.



Fistula

Adanya respon pembengkakan daerah sayatan yang dijahit akibat jenis benang jahit yang digunakan, umumnya dikarenakan penggunaan benang jahit yang tidak diserap (braided nonabsorbable suture).











0 komentar:

Hot Info

Best Link

Number One In Google

'WahiD' WeB

 

'WahiD' WeB ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)